Sabtu, 30 Mei 2015

Walaupun terkenal sebagai kota yang memiliki biaya rata-rata hidup tertinggi di Indonesia, tetapi Sang Ibu Kota Negara ini tetap mempunyai pesonanya sendiri. Tinggalkan polusi & kemacetannya sesaat, Jakarta mempunyai banyak tempat pariwisata menarik yang patut kalian kunjungi.

Pegen tahu tempat pariwisata apa saja yang membikin Jakarta masih pantas untuk dijadikan tujuan Liburan? Simak rangkuman 12 lokasi pariwisata menarik di Jakarta dibawah ini:

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Mau berkeliling Indonesia tetapi terkendala biaya & waktu? Tenang, selagi menanti tabungan terkumpul & pengajuan libur dari kantor diapprove, datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Itulah miniatur Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

kalian dapat lebih mengenal Indonesia dari kawasan pariwisata ini. Di TMII, memiliki sebuah danau dan pulau buatan yg bentuknya dibikin menyerupai kepulauan di Indonesia. Disamping itu, memiliki anjungan 34 provinsi yang menyajikan berbagai informasi tentang adat dan budaya mereka, mulai dari makanan, busana adat hingga rumah tradisional.

Tak semata-mata memperkenalkan budaya negeri sendiri, tempat pariwisata yang dirancang oleh Ibu Tien Soeharto ini pun memiliki sejumlah museum serta panggung teater. Berpariwisata di TMII, kalian seakan telah mengunjungi seluruh pulau.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Dufan

Taman Impian Jaya Ancol adalah taman rekreasi yang paling luas di kawasan Jakarta Utara. Tempat pariwisata ini dibagi menjadi sejumlah kawasan seperti sejumlah pantai pribadi, Dufab, Gelanggang Samudera, Atlantis serta Ocean Ecopark. Waktu satu hari akan dirasa kurang jika kalian ingin mengunjungi setiap wahana yg ada.

Satu lagi yang mengagumkan di sini ialah adanya Pasar Seni yang menyerap cukup banyak wisatawan. Pasar Seni menjadi kawasan yang pas bagi kalian penggemar seni. Di sini, kalian dapat membeli bermacam-macam kerajinan tangan hingga ikut berlatih melukis, membatik lalu membikin tembikar dari tanah liat. Mengasyikan, ya?

3. Taman pariwisata Alam Angke Kapuk

Taman pariwisata Alam Angke Kapuk

Jakarta rupa-rupanya masih mempunyai area hijau yang bagus untuk dikunjungi. Taman wisata Alam Angke Kapuk atau yg lazim disebut pula dengan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk pun ada di kawasan Jakarta Utara. Lokasi pariwisata ini pas bagi kalian yang merasa capek dengan aktifitas kota Jakarta.

Taman pariwisata Alam Angke Kapuk memiliki sangat besar dengan udara bersih dan asri sebab rimbunnya pepohonan. Terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa kalian kerjakan di sini, mulai dari naik kayak, traipsing hutan hingga mencari objek untuk berfoto. Satu lagi yg menyentuh adalah kalian pun bisa menyumbang sejumlah uang untuk ditukar dengan bibit mangrove & kalian sendiri yg menanamnya. Untuk penjelasan lebih lanjut, kalian dapat menghubungi karyawan di lokasi.

4. Monas

Monas
Siapa tidak tahu Monas? Monas yang tak lain tak bukan kependekan dari Monumen Nasional adalah ikon kebanggan masyarakat Kota Jakarta. Monumen yang tingginya hingga 132 m dan mahkota obor api di atasnya tersebut memang sejak dulu masuk dalam list kunjungan wajib pengunjung yang liburan ke Jakarta.

Di Monas, kalian dapat melangsungkan banyak hal. kalian dapat naik ke pelataran puncaknya untuk mencermati pemandangan Jakarta secara bebas atau pergi ke Museum Sejarah Nasional yang terdapat di bagian dasar. Lokasi Monas yang luas pun menjadi lokasi yang pas untuk olahraga santai semacam jogging dan mengayuh sepeda.

5. Masjid Istiqlal

Istiqlal

Tidak jauh dari Monas, ada Masjid Istiqlal yang termasuk masjid terbesar di wilayah Asia Tenggara. Masjid ini mempunyai total luas property kira-kira 2,5 h dan secara keseluruhan sanggup menampung kira-kira 200.000 orang jama'ah. Masjid ini termasuk salah satu proyek terkenal Bung Karno yang membutuhkan waktu pembangunan kira-kira 17 tahun lantaran kondisi politik yang berlangsung di masanya.

Masjid berisi 5 lantai yang diselaraskan dengan banyaknya Rukun Islam. Tak sebatas jumlah lantai, sejumlah konstruksi lannya pun dibuat relevant dengan nilai & sejarah Islam, contohnya tiang penopang kubah yang jumlahnya ada 12 sejalan dengan tanggal lahirnya Nabi Muhammad SAW. Maraknya seni kaligrafi yg menghiasinya membikin Masjid Istiqlal kelihatan tambah megah dan molek.

6. Kota Tua

Kota Tua

Kota Tua semula populer dengan nama Batavia Lama alias Oud Batavia. Area pariwisata di Jakarta ini cukup luas dan melingkupi kawasan Jakarta dari utara menuju barat. Adanya Pelabuhan Sunda Kelapa ketika itu menjadi mulanya pemerintahan Hindia Belanda memilih wilayah ini dijadikan sentra pemerintahan pada kala itu.

Ada banyak sekali nilai sejarah yg dapat kalian ambil ketika menjelajah Kota Tua. kalian dapat melihat gedung-gedung tua dengan karakteristik khas Eropa kuno kemudian juga Tionghoa. Aspek dari Kota Tua yang paling banyak dikunjungi ialah Museum Fatahillah & sekitarnya. Di sini, kalian dapat merasakan bermacam-macam kuliner, rental sepeda onthel dan juga melihat pertunjukan kesenian.

7. Planetarium

Planetarium

kalian senang hal-hal yang berkaitan dengan astrologi? Jangan sungkan untuk pergi ke Planetarium yang terdapat di wilayah Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Planetarium adalah tempat menjalankan observasi astronomi dan ikut memantau kemudian mencoba sendiri eksperimen astrologi dengan mempergunakan alat peraga.

Di sini, kalian dapat menambah pengetahuan segala hal tentang luar angkasa. Melihat sejumlah teropong bintang, menyaksikan film pembentukan alam raya juga proses berlangsungnya gerhana bulan & matahari.

8. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia berada di Jalan Pintu Besar Utara 4, Kota, Jakarta Barat. Area museum ini tidak jauh dari lokasi Museum Fatahillah.

Apa uniknya Museum Bank Indonesia? Museum Bank Indonesia dapat dibilang sebagai satu museum termutakhir di Indonesia saat ini. Museum ini menampilkan tak sedikit koleksi disertai alat peraga modern dan berteknologi mahal. Salah satu yang bagus ialah Ruang Transisi. Di sana, disediakan hologram uang koin terbang keren yg menarik. Andai kalian mengambil satu koin, maka akan timbul informasi tentang koin tersebut.

9. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan alias yg semula disebut dengan nama Kebun Binatang Ragunan dapat menjadi opsi kalian selama berkunjung di Jakarta. Kebun binatang yang memiliki luas 140 hektar itu menjadi lokasi tinggal untuk lebih dari 5.000 ekor hewan dari 297 spesies.

Andai kalian berkunjung bersama anak-anak, pergi ke Taman Margasatwa Ragunan merupakan pilihan yang sesuai. Di sana, anak-anak dapat mengenal binatang dengan cara yg mengasyikan. Tempat pariwisata di Jakarta yang berada di Jalan Harsono RM, Pasar Minggu, tersebut area spesial anak dinamai Children Zoo.

10. Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi tak lain tak bukan wilayah Setu Babakan & sekitarnya yang dibuat tempat pariwisata budaya tuk lebih mengetahui etnis Betawi. Perkampungan ini berada di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

11. Kepulauan Seribu

Yang terakhir bukanlah berarti tidak menarik. Malahan inilah zona pariwisata di Jakarta yg haram hukumnya bila kalian lupakan begitu saja, ya, Kepulauan Seribu. Kepulauan ini ada di laut lepas Jakarta. Ada di sini, kalian bakal lupa waktu dan tidak ingin beranjak pulang. Sejumlah pulau yang terkenal di antaranya ialah Pulau Pari, Pulau Tidung dan Pulau Harapan juga Pulau Pramuka.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.